Telekomunikasi

Selamat datang di Type Approval, pada postingan saya sebelumnya, saya menulis artikel tentang Type Approval Certification, dan kali ini saya akan menulis artikel tentang Telekomunikasi, mungkin dengan membaca judulnya saja anda sudah tahu apa isi dari postingan ini, bagi yang belum tahu silahkan anda membacanya, saya akan menjelaskan sedikit tentang telekomunikasi. Telekomunikasi pada dasarnya merupakan komunikasi elektronik jarak jauh, yang menggunakan teknologi canggih.

Seiring dengan perkembangan waktu yang terus bertambah, teknologi telekomunikasi mengalami kemajuan yang terus meningkat. Telekomunikasi dibedakan menjadi tiga bagian, diantaranya:

  1. Komunikasi satu arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : pager, televisi dan radio
  2. Komunikasi dua arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan Voip
  3. Komunikasi semi dua arah (Half Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh : Handy Talkie, Fax, dan Chat Room.

Komponen dasar

untuk bisa melakukan telekomunikasi, ada beberapa komponen untuk mendukungnya yaitu:

  • Informasi: merupakan data yang dikirim atau diterima seperti suara, gambar, file, tulisan
  • Pengirim: merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap kirim
  • Medaia transmisi: menerima sinyal listrik dan merubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang dikirim.

Analog dan digital

Dalam merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap kirim, ada dua model yang dipakai. Pertama adalah merubah informasi ke sinyal analog, dimana sinyal berbentuk gelombang listrik yang kontinue (terus menerus) kemudian dikirim oleh media transmisi. Kedua adalah sinyal digital, dimana setelah informasi diubah menjadi sinyal analog kemudian diubah lagi menjadi sinyal yang putus-putus (discrete). Sinyal yang putus-putus dikodekan dalam sinyal digital yaitu sinyal “0″ dan “1″. Dalam pengiriman sinyal melalui media transmisi, sinyal analog akan terkena gangguan, sehingga disisi pertama sinyal tersebut terdegradasi. Sementara untuk sinyal digital, selama gangguan tidak melebihi batas yang diterima, sinyal masih diterima dalam kualitas yang sama dengan pengiriman.

Perkembangan sistem telekomunikasi

Sejak ditemukan telephone oleh Graham bell, telekomunikasi telah berkembang pesat, bahkan bisa jadi tercepat diantara sistem lain. Terutama setelah ditemukan transitor, Integrated Circuit (IC), sistem prosesor , dan sistem penyimpanan. Type Approval services merupakan salah satu program yang dapat membantu anda menyelesaikan masalah perizinan perangkat telekomunikasi. Dan saya informasikan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah di sertifikasi atau sudah melalui proses Type Approval Partnership, untuk memnjaga agar anda tidak terlibat dengan pihak yang berwajib.

Dan perangkat yang sudah melalui proses Type Approval tentunya sudah teruji di Balai besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi sehingga mutu dan kualitas perangkat terjamin. Demikian sedikit informasi dari saya tentang telekomunikasi yang dapat saya sampaikan, semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel