Kamis, 13 September 2012

Shinichi Nishimiya Pingsan

. Kamis, 13 September 2012

Duta besar baru Jepang untuk China, Shinichi Nishimiya, dirawat di rumah sakit di Tokyo, Kamis (13/9/2012), kata seorang pejabat. Sementara media melaporkan bahwa ia jatuh pingsan.

Nishimiya, yang secara resmi baru ditunjuk Selasa, jatuh di jalan dekat rumahnya di kawasan bergaya modern Shibuya di ibu kota Jepang, lapor kantor berita Jiji Press. Sementara Kyodo News melaporkan, duta besar itu tidak sadarkan diri.

Seorang pejabat di Kementerian Luar Negeri Jepang mengonfirmasi bahwa Nishimiya (60) telah jatuh sakit. "Kami tahu bahwa Dubes Nishimiya telah dibawa ke rumah sakit pagi ini karena kesehatannya memburuk, tetapi kami tidak punya rinciannya," katanya kepada AFP.

Pejabat itu menambahkan, ia tidak mendengar adanya kecelakaan. Jiji pers, yang mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya, mengatakan, tidak ada sesuatu yang mencurigakan terkait jatuhnya Nishimiya di dekat rumahnya itu.

Nishimiya seorang diplomat karier. Ia menggantikan Uichiro Niwa saat Jepang dan China berselisih soal pulau yang disengketakan di Laut China Timur.

Niwa, seorang mantan pengusaha, memicu kemarahan di dalam negeri awal tahun ini ketika dia mengatakan bahwa rencana gubernur Tokyo yang nasionalis untuk membeli pulau-pulau yang disengketakan itu akan menyebabkan krisis antara China dan Jepang bisa membahayakan hubungan ekonomi.

Penunjukan Nishimiya terjadi ketika pemerintah kota Tokyo mengatakan, pihaknya memutuskan untuk membeli tiga pulau di gugus kepulauan Senkaku yang masuk wilayah administratifnya. Gugus pulau dikenal di China dengan nama Diaoyu.

Kepulauan itu, yang terletak sekitar 200 kilometer dari Taiwan, berada di dekat daerah pelayaran penting dan diyakini kaya dengan sumber daya mineral.

0 komentar: